MENU SARAPAN PAGI PRAKTIS

Sponsored Links:
Sponsored Links:
MENU SARAPAN PAGI PRAKTIS. Pada kesempatan kali ini kita membahas tentang MENU SARAPAN PAGI PRAKTIS. Di dalam artikel ini kami mencoba menyampaikan informasi lengkap tentang MENU SARAPAN PAGI PRAKTIS. Silahkan menyimak artikel di bawah ini.

MENU SARAPAN PAGI PRAKTIS


Mungkin banyak diantara kita yang seringkali sedikit meremehkan manfaat dan kebaikan sarapan pagi. Dengan dalih dan alasan tidak punya waktu, banyak diantara kita yang melewatkan saat makan pagi di awal aktifitas kita hari ini. Padahal makan di awal aktifitas atau sarapan pagi yang sehat dan bergizi sangat membantu memenuhi kebutuhan tubuh kita di hari itu. Untuk itu kali ini kita akan memberikan daftar menu sarapan pagi yang sehat tetapi praktis dan sederhana. Dengan aneka daftar sarapan sehat yang praktis dan sederhana lengkap dengan resep masakan dan cara membuat sarapan pagi praktis dan sehat yang kita berikan di bawah, tentu bukan alasan lagi untuk melewatkan makan pagi setiap hari.

Tidak hanya untuk orang dewasa saja, daftar makanan yang akan kita berikan dibawah juga cocok untuk menu sarapan pagi anak sekolah ataupun adiknya yang masih di rumah. Tentu saja semua daftar masakan dibawah mempunyai kandungan gizi yang baik, sehat dan nutrisi yang cukup untuk memenuhui kebutuhan nutrisi mereka.  Baik itu untuk beraktivitas di sekolah ataupun buat suami yang memerlukan tenaga untuk bekerja di kantor. Dan yang paling penting cara membuat sarapan pagi tersebut praktis dan sederhana. Karena memang di pagi hari biasanya kita tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan resep menu sarapan pagi yang beraneka ragam. Jadi resep makan pagi yang kita buat harus cepat dan tidak butuh waktu lama untuk memasaknya.

Manfaat Konsumsi Menu Sarapan Pagi Yang Sehat dan Praktis


Berdasarkan penelitian terbaru, produktivitas karyawan yang sudah makan pagi di rumah ataupun belum sarapan sangatlah berbeda. Mereka yang makan menu sarapan pagi sehat dan bergizi menunjukan kinerja yang lebih baik. Begitu juga buat anak-anak sekolah. Mereka yang sudah makan menu sarapan sehat lebih bisa fokus dan berprestasi di sekolah. Baik dalam bidang akademik ataupun sosial. Hal ini didapat karena mereka mendapatkan energi yang cukup untuk kebutuhan aktivitas mereka dan lebih bisa berkonsentrasi. Energi yang didapat dari makan sarapan sehat di pagi hari ini juga mampu menyegarkan otak sehingga bisa lebih tanggap dan tidak cepat lelah.

Selain itu makan dengan menu sarapan pagi sehat yang bergizi juga berfungsi untuk mengembalikan metabolisme tubuh kita. Dengan makan pagi yang teratur, bahkan sangat bagus sekali untuk program diet lho. Dengan perut yang sudah terisi dengan sarapan sehat tentu kita tidak membutuhkan cemilan cemilan yang bisa membuat berat badan kita bertambah bukan. Dan yang paling penting aktivitas di pagi ini bisa mengurangi resiko stres sepanjang hari. Oke untuk lebih jelasnya, silahkan melihat daftar sarapan pagi yang sehat berikut cara membuat sarapan pagi yang praktis dan sederhana.

1. Menu Sarapan Telur Orak Arik Sayuran


Sarapan pagi dengan telur dan sayuran tentu saya sangat praktis dan sehat. Bahan-bahan yang dibutuhkan cuma telur ayam, garam dapur secukupnya dan sayuran sehat yang segar. Goreng telur dan beri garam secukupnya kemudian masukkan irisan sayurannya dan masak sampai matang. Tidak butuh waktu lama, menu sarapan pagi yang sehat dan praktis sudah siap untuk disantap.

2. Resep Sarapan Pagi Omelet Sayur Sederhana


Sarapan pagi dengan omelet telur ini tentu sangat lezat dan bergizi. Apalagi dicampur dengan sosis dan wortel segar. Dipadu dengan keju parut atau kezu mozarella yang lezat, menu sarapan pagi ini pasti baik sekali untuk kebutuhan gizi dan nutrisi di pagi hari.

Bahan-bahan


Telur ayam ukruan sedang besar kurang lebih sebanyak 3-4 butir.
Sossi ayam atau sosis sapi kurang lebih sebanyak 1 pcs saja. Potong kecil-kecil.
Wortel segar ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 batang. Cuci bersih kemudian potong bentuk kotak.
Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil.
Meirca halus secukupnya sesuai selera.
Bawang bombay kurang lebih sebanyak 1/2 pcs.
Keju cheddar atau mozarella secukupnya sesuai selera.
Mentega atau minyak secukupnya.

Cara membuat


Pertama masukkan telur dan kocok bersama dengan garam dapur dan merica bubuk kemudian sisihkan.
Masukkan irisan bawang bombay, potongan wortel dan sosinya kemudian aduk-aduk sampai layu.
Tuang campuran telur diatas tumisan sayuran dan sosis tadi. Usahakan sampai semua bagian tertutupi dengan telur ya.
Setelah agak matang taburi kejunya dibagian atasnya dan masak sampai bagian dasar matang.
Kemudian balik telur dan sisi lainnya sampai matang.

3. Menu Sarapan Pagi Dengan Rolade Tahu Sayur


Menu sarapan pagi satu ini begitu praktis dan mudah cara membuatnya. Resep rolade tahu dengan sosis dan berbagai macam sayuran bisa menjadi pilihan yang bagus untuk sarapan sehat bersama keluarga. Kandungan gizinya lebih dari cukup untuk aktivitas sehari-hari. Untuk bahan dan cara membuatnya, bisa dilihat di resep rolade tahu spesial lengkap dengan bahan yang dibutuhkannya.



4. Sarapan Pagi Dengan Roti Tawar Isi Sosis, Sayuran


Sarapan pagi dengan roti tawar memang menjadi salah satu pilihan kebanyakan keluarga di Indonesia. Cara membuat sarapan pagi ini sangat praktis dan sederhana sekali. Tinggal mengambil roti tawarnya kemudian diolesi dengan mentega dan isi lainnya. Untuk bahan isiannya sendiri bisa menggunakan selai, butiran coklat, sosis, daging panggang ataupun lainnya.

5. Baked Potato Kentang Panggang Keju


Menu sarapan satu ini pasti menggugah selera. Kentang yang dipanggang dengan oven dan dimasak menggunakan keju quick melt pasti sangat disukai oleh suami dan anak-anak. Bukan hanya untuk sarapan pagi, menu makanan ini juga sehat dan bergizi untuk bekal anak sekolah.



Bahan


Kentang ukuran cukup besar kurang lebih sebanyak 4 pcs. Cuci bersih kentangnya.
Keju mozarella atau keju quick melt secukupnya sesuai selera.
Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
Margarin kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
Mayonise atau saus Bolognese secukupnya.
Air secukupnya.

Cara Membuat


Siapkan panci dengan air dan rebus bersama dengan garam dapur dan kentang yang sudah dibersihkan tadi sampai matang kemudian tiriskan.
Setelah tiris, tekan kentang rebus tadi secara perlaha supaya merekah dan terbuka.
Letakkan kentang di loyang dan jangan lupa alasi dengan aluminum foil terlebih dahulu.
Tuang mayonise diatas kentang tadi kemudian taburkan keju yang sudah diparut diatasnya.
Ambil mentega kurang lebih 1/4 sendok saja dan letakkan diatas parutan keju supaya lebih gurih dan harum. Ulangi ke semua potato rebusnya.
Masukkan ke dalam oven dan kemudian panggang dengan oven suhu kurang lebih 180 derajat celcius sampai matang dan kejunya melted.

6. Menu Sarapan Egg Sandwich Telur


Menu sarapan pagi dengan egg sandwich ini mempunyai kandungan gizi, vitamin dan mineral yang lengkap. Selain bisa memberkan karbohidrat yang cukup, kadar lemaknya juga rendah karena kita menggunakan roti gandum. Sebenarnya sih menggunakan roti biasa juga bisa. Cara membuatnya cukup mudah dan sangat praktis. Campurkan telur dengan keju parutan kemudian aduk dan dadar sampai matang. Bisa dibentuk seperti dadar telur biasa atau mau dijadikan telur orek kemudian sisihkan. Ambil 2 buah roti kemudian olesi sisi bagian dalam dengan mayinise secukupnya. tambahkan saus sambal kalau suka dan beberapa sayuran seperti tomat atau selada. Letakkan telur tadi kemudian tangkupkan dan siap disantap.



7.Menu Sarapan Pagi Omelet Nasi


Sedikit berbeda dengan menu sarpan omelet sebelumnya, kali ini kita memasak telur dengan nasi sekaligus. Bahan bahannya hanya telur ayam, nasi, kaldu bubuk, garam dan merica kalau suka. Bisa ditambahaj juga irisan sosis dan wortel sebagai pelengkap. Cara membuatnya sangata mudah, semua bahan tinggal dicampur menjadi satu dan digoreng sampai matang.



8. Menu Sarapan Resep Pancake


Pancake bisa menjadi salah satu menu sarapan sederhana andalan bunda di rumah. Kita bisa memodifikasinya dengan berbagai macam bahan supaya tidak bosan dan lebih menggugah selera.



9. Sate Tempe Ayam dan Sayuran


Salah satu resep sarapan pagi kreatif dari bahan sederhana yang bisa buat untuk keluarga adalah sate tempe dengan isi daging ayam dan sayuran. Biasanya kan anak-anak susah untuk makan tempe dan sayuran. Padahal kedua bahan makanan tersebut banyak mengandung gizi yang bagus sekali untuk kebutuhan mereka sehari-hari. Nah kali ini kita akan mengolah kedua bahan tadi menjadi satu menu sarapan pagi yang enak dan lezat buat mereka.



Bahan


Tempe ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1/4 sampai 1/3 papan.
Wortel segar yang sudah diparut halus kurang lebih sebanyak 1 buah saja.
Bawang merah cincang kurang lebih sebanyak 1 pcs.
Bawang putih cincang kurang lebih sebanyak 1 pcs.
Daging ayam yang sudah dicincang kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
Tepung terigu kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
Parutan keju kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
Lada halus kalau suka.
Penyedap rasa secukupnya kalau suka.
Margarin dan minyak goreng secukupnya.

Cara membuatnya


Pertama kukus tempe yang sudah dipotong-potong sampai matang.
Setelah matang hancurkan dan haluskan tempe tadi sampai benar-benar halus.
Siapkan wajan penggorengan dengan margarin secukupnya.
Masukkan bawang merah dan bawang putih kemudian aduk-aduk sampai harum.
Masukkan daging ayam cincangnya kemudian aduk kembali sampai matang dan angkat.
Masukkan tumisan tadi bersama dengan bahan lainnya kedalam tempe yang sudah dihaluskan.
Aduk dan campur sampai semua bahan tercampur rata.
Bentuk adonan tadi kemudian goreng dengan minyak yang panas sampai matang lalu sisihkan.
Setelah agak dingin, tusukkan tusuk sate sehingga kelihatan lebih cantik dan menarik.

10. Menu Sarapan Pagi Nasi Goreng


Nah resep nasi yang satu ini pasti banyak yang menyukainya. Bahkan mungkin menjadi menu sarapan yang paling sering dimasak setiap harinya. Cara membuat sarapan pagi dengan nasi goreng ini memang sangat praktis dan sederhana.

11. Resep Nasi Bakar


Sarapan pagi dengan nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan dibakar memang sangat mengundnag selera. Gurihnya nasi dengan bumbu nasi bakar dan isi ayam dan teri pasti membuat energi kita bertambah.



12. Bubur Ayam


Nah kalau yang satu ini pasti tidak asing lagi buat menu sarapan pagi sehari-hari. Memang penjual bubur ayam ini paling mudah ditemukan. Harga semangkuk bubur ayam untuk makan sarapan pagi juga sangat terjangkau harganya.

13. Sarapan Pagi Dengan Sop Ayam


Buat yang punya waktu, membuat resep sop ayam ini menjadi pilihan terbaik untuk menu sarapan pagi bersama keluarga. Kandungan gizi dari sayuran dan ayam yang digunakan sangat bagus untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu cara membuat sop ayam ini juga sangat mudah dan sederhana.



14. Resep Mie Goreng Telor


Membuat mie goreng telur di pagi sangat mudah dan praktis. Dengan menggunakan mie telor, kita bisa menyiapkan hidangan sarapan pagi yang lezat dan bergizi tanpa membutuhkan waktu yang lama. Tinggal menyiapkan bahan bumbu mie dan mie telor kemudian diolah dengan sederhana. Selain digoreng bisa juga untuk sajian mie rebus yang tidak kalah enaknya.

15. Resep Kwetiau Goreng


Salah satu resep sarapan pagi yang mengundang selera berikutnya adalah kwetiau goreng. Bumbu untuk membuat kwetiau goreng ini cukup simpel dan mudah dibuatnya. Langsung dimakan tanpa nasi pun sudah enak dan lezat. 



16. Roti Maryam


Sarapan pagi dengan roti maryam bisa menjadi pilihan yang bagus buat teman-teman. Roti jenis ini mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup untuk memberikan energi yang dibutuhkan dari pagi hari sampai siang. Kita tinggal menghangatkan roti ini kemudian menyajikannya dengan topping kesukaan keluarga.



17. Kue Muffin Lembut


Kue Muffin ini bentuknya imut dan hampir mirip dengan kue bolu. Bentuknya yang menarik dengan banyaknya kandungan karbohidrat di dalamnya dijamin bisa memberikan energi dan menahan lapar sampai tiba saatnya makan siang. Kita bisa membuat berbagai macam muffin ini untuk persiapan sarapan pagi atau untuk bekal anak sekolah setiap harinya. 

18. Menu Sarapan Pagi Rolade Ayam


Rolade ayam bisa menjadi pilihan terbaik buat menyiapkan resep sarapan pagi sehat dan praktis buat keluarga. Tidak hanya untuk sarapan, rolade ayam ini juga bisa digunakan sebagai bekal anak sekolah yang bergizi dan menyehatkan. Cara membuat sarapan pagi rolade ayam ini juga tidak sulit dan mudah kok. 

Demikian tadi adalah artikel tentang MENU SARAPAN PAGI PRAKTIS. Kami berharap yang sedikit ini mampu menambah wawasan kita semua. Juga semoga artikel tentang MENU SARAPAN PAGI PRAKTIS ini memberi manfaat untuk kita semua. Silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain jika menurut anda artikel ini akan berguna bagi orang lain juga. Anda juga bisa berlangganan di blog kami melalui email jika anda berkenan. Terimakasih sudah berkunjung di blog kami. 

Sponsored Links:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Kulit pada Bayi dan Cara Mengobatinya

3 TANDA LAHIR DI KULIT BAYI YANG TIDAK BERBAHAYA

Muncul Bercak Merah setelah Demam pada Bayi? Jangan Panik, Bunda..