5 Manfaat Makan Bersama Bunda bagi si Kecil

Sponsored Links:
Sponsored Links:
Makan bersama tidak melulu mengarah pada makanan dan gizinya saja, akan tetapi ada juga manfaat lain yang bisa diambil oleh bunda dan si kecil. Makan bersama ini akan membekali si Kecil tentang bagaimana nanti berinteraksi di luar rumah. Makan bersama ini bahkan bisa dibilang sebagai salah satu waktu paling krusial dalam  perkembangan anak. Bagaiman anak akan bertingkah laku dan bersikap menyelesaikan masalah, bisa dipelajari pada sesi keluarga yang satu ini.

Manfaat makan bersama yang berkualitas tersebut, antara lain :

1. Kebersamaan
Makan bersama jelas mempererat kebersamaan, antar anggota keluarga. Di dalamnya kita bisa melakukan sharing dan problem solving terkait dengan masalah yang menimpa salah satu anggota keluarga, dan kemudian memecahkannya bersama-sama. Anggota keluarga akan merasa mencintai dan dicintai orang anggota keluarga yang lain.

2. Kemampuan Fisik Bertambah
Ketika si kecil memperhatikan orangtuanya makan, maka secara langsung atau tidak langsung dia mempelajari sesuatu, termasuk setidaknya mengenai bagaimana menggonakan sendok dan garpu dengan benar.

3. Sopan Santun
Dalam acara makan bersama, si kecil juga bisa diajarkan sopan santun, mulai yang paling sederhana seperti mengatakan "terimakasih" jika ada yang membantu mengambilkan makanan.

4. Makanan yang Teratur
Kebiasaan makan bersama akan membuat pola makan keluarga menjadi teratur. Ini baik untuk kesehatan keluarga.

5. Kosakata dan Komunikasi
Si kecil akan banyak belajar mengenai kosakata di acara makan bersama. Jadi, ketika makan, jangan diam saja, bicarakan hal-hal santai atau setidaknya sebuah lelucon untuk si kecil. Pelan tapi pasti, inshaAllah si kecil akan banyak belajar mengenai kosakata dan bagaimana berkomunikasi yang baik. Untuk si kecil yang belum bisa bicara, bisa dimulai dengan menunjukkan kepadanya "ini pisau", "ini sendok", "ini garpu" dan lain sebagainya.

Kami sekeluarga selalu membudayakan makan bersama ketika malam hari, dan ini efeknya ternyata tidak cuma baik untuk si kecil, melainkan juga seluruh anggota keluarga. Ada kehangatan di sana. Jadi, sesibuk apapun diri anda, sempatkanlah untuk mengatur makan bersama secara rutin.

Semoga rumahtangga anda sekalian selalu dalam keberkahan,..
aamin
Sponsored Links:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Kulit pada Bayi dan Cara Mengobatinya

3 TANDA LAHIR DI KULIT BAYI YANG TIDAK BERBAHAYA

Muncul Bercak Merah setelah Demam pada Bayi? Jangan Panik, Bunda..