13 Tips Merawat Bayi yang Ampuh bagi Orang Tua Baru

Sponsored Links:
Sponsored Links:

13 Tips Merawat Bayi yang Ampuh bagi Orang Tua Baru

Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh orang tua dalam merawat bayi. Hal-hal itu bisa kita pelajari dalam tips merawat bayi berikut ini :

Memperkenalkan makanan padat pada bayi.

Biasanya akan disarankan saat usia bayi mencapai 6 bulan meskipun bergantung juga pada masing-masing kasus. Hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan pada masa pemberian makanan padat pada masing-masing bayi.

Periode penting pada masa peralihan bayi untuk belajar bergerak dari 6 sampai 9 bulan

Ada begitu banyak tips merawat bayi yang beredar baik di dalam buku ataupun situs-situs internet. Sayangnya tidak banyak yang memuat tentang panduan merawat bayi di masa penting antara 6 hingga 9 bulan. Di usia ini bayi secara terus menerus akan mempelajari berbagai macam gerakan mulai dari mencoba duduk, berguling, bermain dengan dirinya sendiri. Pada intinya, di periode ini bayi akan berusaha mengerahkan kemampuannya untuk mengeksplorasi semua gerakan yang ingin dilakukannya. Jadi yang paling penting untk dilakukan sebagai tips merawat bayi dalam periode usia ini adalah tetap selalu mengawasi untuk memastikan bahwa bayi tidak akan melukai dirinya sendiri saat mempelajari gerakan baru. Hal ini harus dilakukan mengingat ini adalah masa yang penting dalam pertumbuhan bayi dan luka apapun bisa menyebabkan hal yang serius nantinya.

Tips merawat bayi dan juga menjaga keselamatannya terutama bayi yang baru lahir

Jangan pernah bekompromi atau menganggap enteng masalah mengenai keselamatan bayi. Oleh karena itu ada baiknya jika kita selalu menggunakan produk yang memang khusus diperuntukkan bagi bayi yang baru lahir. Untuk perawatan kesehatan bayi, kita harus pastikan bahwa lingkungan rumah dan luar rumah bersih dan juga higienis. Salah satu hal yang paling penting adalah jangan pernah membiarkan bayi sendirian tanpa pengawasan.

Bagi ibu yang sibuk, jangan pernah meremehkan pentingnya pemberian ASI.

ASI memegang peranan yang penting bagi pertumbuhan bayi. Sayangnya masih banyak ibu-ibu yang belum memahami hal ini dan justru dengan bangga mengatakan jika telah memberikan susu formula bermerk terkenal kepada bayinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa ASI seringkali terlupa dimasukkan dalam list tips merawat bayi. Jadi sebenarnya tidak ada alasan bagi ibu untuk tidak memberikan ASI walaupun sesibuk apapun dia. ASI memberikan berbagai manfaat penting yaitu meningkatkan sistem kekebalan, mengurangi resiko infeksi, mengurangi resiko kegemukan dan banyak manfaat kesehatan lainnya.

Mewaspadai ruam popok yang mungkin menjadi sebab kita susah tidur di malam hari

Hal pertama yang biasanya dilakukan oleh ibu saat bayinya menangis adalah mengecek popok apakah bayi buang air kecil atau besar. Sebenarnya selain itu kita juga harus memperhatikan apakah bayi terkena ruam popok atau tidak. Ruam popok biasanya ditandai dengan adanya kulit berwarna kemerahan, radang dan kulit yang melepuh di sekitar area perut dan pantat. Di sinilah tips merawat bayi yang tepat untuk dilakukan berikutnya adalah segera mengganti popok bayi yang kotor dan menggunakan sabun anti bakteri atau krim oles. Jika kita tidak memiliki krim ruam popok maka perawatan kulit bayi yang tepat adalah dengan membersihkan pantat bayi dan kemudian membiarkannya berbaring tanpa menggunakan popok.

Tips merawat bayi saat melakukan perjalanan bersama.

Bayi berkembang sesuai dengan tahapannya. Saat kita ingin melakukan perjalanan bersama bayi kita harus tetap menjaga ritme jadwal kesehariannya seperti makan dan tidur. Jangan lupa untuk mengistirahatkan bayi setiap dua jam sekali agar tidak terserang kelelahan.

Panduan tentang menidurkan bayi.

Sebenarnya ada hal yang sangat penting namun seringkali terlupa saat kita menjalankan langkah-langkah dalam tips merawat bayi. Kita bisa membiasakan bayi untuk tidur siang agar bisa tidur dengan lebih nyenyak di malam hari. Bayi yang tidur siang akan merasa kelelahan, susah tidur dan cenderung akan menjadi sering terbangun di malam hari. Sejak bayi berusia 2 minggu, ada baiknya jika kita membentuk kebiasaan tidur yang sehat baginya.

Menjaga kulit bayi

Penggunaan tabir surya sangat tidak disarankan bagi bayi yang berusia dibawah 6 bulan. Tips merawat bayi untuk perawatan kesehatan kulit adalah menjaga agar bayi tetap berada di tempat yang terlindung dari sengatan matahari hingga saat kita bisa mulai dengan aman memberikan krim tabir surya atau pelindung kulit lainnya.

Memberi pengertian pada saudara kandung si bayi.

Hal yang mungkin tidak pernah dibahas dalam berbagai tips merawat bayi adalah tentang perubahan dalam keluarga. Sebagaimana kita ketahui, hadirnya bayi sebagai anggota baru dalam keluarga pastinya akan membawa perubahan. Berikan perhatian yang penuh pada bayi tapi usahakan agar tidak mengurangi porsi kita pada kakak-kakaknya. Faktanya, anak yang lebih dewasa seringkali merasa cemburu dengan adik bayi karena semua keluarga seolah-olah lupa pada dia dan hanya memperhatikan adiknya. Jika kita bisa memberikan pengertian pada anak yang lebih besar maka bukan tidak mungkin tugas pengasuhan dan perawatan bayi akan lebih mudah karena kita bisa meminta bantuan mereka menjaga si kecil.

Tips merawat bayi saat bermain dengan si kecil.

Lakukan permainan yang biasa dimainkan oleh anak di seluruh dunia. Ciluk ba akan sangat menyenangkan bagi bayi sekaligus merangsang pertumbuhan otaknya.

Tentang hewan peliharaan

Keberadaan bayi biasanya akan memecah konsentrasi orang tua. Hal ini terkadang akan membuat hewan peliharaan akan terganggu rutinitas hariannya. Tips merawat bayi sekaligus hewan peliharaan yang tepat adalah dengan mengajak hewan peliharaan kita untuk berjalan-jalan di luar sekaligus menjaga bayi.

Menghadapi bayi yang menangis

Tangisan bayi seringkali membuat kita merasa bingung dan resah. Yang seringkali tidak kita sadari adalah bahwa menangis adalah salah satu cara bayi untuk berkomunikasi. Tips merawat bayi yang tepat saat si kecil menangis adalah menyelimutinya dengan selimut, merengkuhnya dalam dekapan dan mengayunkannya pelan-pelan.

Tips merawat bayi saat memandikannya.

Mandi setiap hari memang diperlukan untuk menjaga kesehatan bayi. Akan tetapi ada kalanya bayi juga perlu mandi dengan lembut. Saat itu, gunakan pembersih khusus bayi sebagai pengganti sabun.
Sponsored Links:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Kulit pada Bayi dan Cara Mengobatinya

3 TANDA LAHIR DI KULIT BAYI YANG TIDAK BERBAHAYA

Muncul Bercak Merah setelah Demam pada Bayi? Jangan Panik, Bunda..