Bagaimana Cara Menerapkan Rutinitas Tidur Untuk Bayi?

Sponsored Links:
Sponsored Links:

Bagaimana Cara Menerapkan Rutinitas Tidur Untuk Bayi?


Sedikit kurang tidur adalah normal ketika Anda memiliki bayi yang baru lahir, tapi menerapkan rutinitas waktu tidur akan membantu Anda berdua menikmati tidur yang dibutuhkan.

Walaupun sebagian besar bayi tidak akan memiliki siklus tidur yang teratur hingga usia sekitar 6 bulan, bayi yang baru lahir biasanya tidur sekitar 16 hingga 17 jam setiap hari, sekali tidur sekitar 1 hingga 2 jam.

Rutinitas tidur akan membantu bayi yang baru lahir untuk memperoleh tidur yang diperlukannya. Ikutilah kiat berikut untuk menerapkan rutinitas yang tepat bagi bayi Anda.

Mulai dengan mengatur lingkungan

Tidak seorang pun bisa tidur di dalam kamar yang penuh gangguan, tidak terkecuali bayi yang baru lahir. Demi keselamatan dan tidur yang nyenyak, jauhkan boneka binatang dan mainan dari boks bayi. Selain itu, jauhkan boks bayi dari jendela atau pintu yang memungkinkan masuknya cahaya, suara, atau embusan udara.

Letakkan bayi Anda tepat pada waktunya

Waktu terbaik untuk meletakkan bayi di boksnya adalah ketika dia sudah mengantuk, tapi masih terjaga. Jika Anda memangku atau membuai bayi yang baru lahir sampai benar-benar tidur, dia mungkin tidak bisa tertidur kembali tanpa rangsangan yang sama ketika terbangun di malam hari.

Jika bayi tidak bisa tertidur sendiri, cobalah untuk tidak terlalu merangsangnya ketika Anda mencoba menidurkannya kembali. Cara terbaik adalah membuat bayi semengantuk mungkin ketika terjaga sehingga bukan tidak mungkin baginya untuk tertidur kembali.

Penuhi kebutuhan bayi Anda sebelum menidurkannya

Apakah popoknya sudah diganti? Apakah dia telah disusui? Tangisan adalah cara bayi mengatakan kepada Anda bahwa dia merasa basah atau lapar, sehingga Anda harus memenuhi kebutuhan ini sebelum menidurkannya (jika tidak, dia tidak akan tidur dengan nyenyak).

Tetap konsisten

Hal ini khususnya berlaku pada batita, yang lebih memahami konsep waktu tidur yang sebenarnya; namun, dengan bayi yang baru lahir, berusaha menentukan waktu tidur yang konsisten dapat membantunya menyesuaikan diri dengan pola tidur yang rutin dan sehat. Demi kesehatan dan stamina Anda sendiri, cobalah berbaring dan bersantai dengan bayi Anda di waktu yang sama setiap hari, sekalipun Anda tidak berencana untuk tidur bersamanya.

Hindari rangsangan

Anda harus memisahkan waktu tidur dari waktu bermain. Ini berarti Anda harus membatasi waktu main yang berkepanjangan menjelang waktu tidur. Cobalah bermain dengan bayi di siang hari alih-alih malam, karena hal ini akan membantu memperpanjang waktu tidurnya di siang hari dan memastikan waktu tidur yang lebih panjang di malam hari.

Apa pun yang Anda lakukan, bersabarlah. Memiliki bayi yang baru lahir adalah salah satu waktu yang paling menakjubkan dalam hidup Anda, tapi hal ini pun dapat menambah stres, khususnya karena kurang tidur. Jika berhasil menerapkan semacam rutinitas waktu tidur, Anda berdua akan memiliki waktu tidur teratur yang lebih banyak dalam beberapa minggu ke depan.
source: https://www.everydayme.co.id
Sponsored Links:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Kulit pada Bayi dan Cara Mengobatinya

3 TANDA LAHIR DI KULIT BAYI YANG TIDAK BERBAHAYA

Muncul Bercak Merah setelah Demam pada Bayi? Jangan Panik, Bunda..