Cara Mengatasi Penyakit Kuning Pada Bayi

Sponsored Links:
Sponsored Links:

Cara Mengatasi Penyakit Kuning Pada Bayi


Penyebab penyakit kuning pada bayi


Penyebab dari penyakit ini adalah hiperbilirubinemia atau yang lebih sering disebut dengan kelebihan bilirubin. Bilirubin sendiri merupakan suatu zat yang menyebabkan warna kuning dari sebagian anggota tubuh. Zat tersebut merupakan suatu limbah yang dihasilkan akibat aktivitas pemecahan sel darah merah di dalam tubuh. Biasanya, organ yang betugas untuk menyaring zat ini adalah hati. Akan tetapi ada kalanya hati bayi belum berfungsi sempurna ketika ia dilahirkan. Seorang bayi yang lahir prematur memiliki resiko yang lebih besar terkena penyakit ini. Hal ini dikarenakan hatinya belum terbentuk dan berfungsi secara sempurna.

Nah itulah penyebab dari penyakit kuning pada bayi, lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya di bawah ini.


Selalu memberikan asupan ASI

Cara mengatasi penyakit kuning pada bayi yang pertama adalah dengan cara selalu memberikannya asupan ASI. Sering-seringlah memberikan ASI pada bayi Anda setidaknya setiap 2 jam sekali. Cara ini merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi penyakit kuning tersebut. Hal ini dikarenakan colostrum yang terdapat di ASI pada 48 jam pertama memiliki efek laksatif alamiah yang berfungsi untuk memindahkan meconium dalam perut yang mengandung bilirubin. Bilirubin tersebut akan dipindahkan agar terserap kembali ke dalam darah.

Menjemur bayi

Cara yang kedua adalah dengan cara meletakkan bayi di bawah sinar matahari atau menjemurnya. Sebaiknya jemur bayi Anda pada pukul 8 hingga 9 pagi. Selain baik untuk tulang, sinar matahri juga berguna untuk menurunkan tingkat bilirubin.

Membawa ke dokter

Cara mengatasi penyakit kuning pada bayi selanjutnya adalah dengan cara membawanya ke dokter. Jika penyakit kuning yang diderita bayi Anda terjadi pada hari pertama ia dilahirkan, berarti bayi tersebut memiliki masalah pada darah dan sangat diperlukan perawatan intensif. Sebab jika tingkat bilirubin terlalu tinggi, bayi tersebut dapat mengalami kerusakan otak yang fatal. source: disehat.com
Sponsored Links:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Kulit pada Bayi dan Cara Mengobatinya

3 TANDA LAHIR DI KULIT BAYI YANG TIDAK BERBAHAYA

Muncul Bercak Merah setelah Demam pada Bayi? Jangan Panik, Bunda..