Cara Mengatasi Bayi Rewel

Sponsored Links:
Sponsored Links:

Cara Mengatasi Bayi Rewel


Kenapa bayi rewel dan menangis terus?


Kenapa bayi rewel dan menangis terus? Berikut beberapa faktor penyebab kenapa bayi rewel dan terus mengangis. Yuk kenali faktor-faktor apa saja penyebab bayi rewel.

Kurang nyaman

Kadang bayi merasa kepanasan hingga berkeringat, gerah, dan lain waktu kadang merasa kedinginan membutuhkan pakaian tebal. Faktor cuaca dan kondisi lingkungan misalnya pemakaian AC, tinggal di daerah pegunungan otomatis bayi butuh selimut dan pakaian yang tebal agar nyaman. Atau bila gerah dan tinggal di daerah pantai atau daratan rendah maka bayi butuh ruang dan pakaian tipis, tidak perlu tebal.

Ruam popok, bisul atau gatal-gatal

Bisa jadi rewel akibat ruam popok. Maka ganti popok yang basah dan keringkan ruamnya agar bayi merasa nyaman. Bila ada bisul dan gatal-gatal, beri obat khusus bisul dan gatal-gatal agar bayi tidak terganggu.

Bayi merasa lapar

Mungkin bayi haus dan lapar. Maka harus diberi ASI atau makanan lain yang cocok untuk bayi.

Banyaknya gas dan asam di perut bayi.

Terlalu banyak gas yang ada dalam perut bayi, akan membuat bayi kembung. Hal ini bisa juga menjadi hal yang membuat bayi menjadi rewel. Selain membuatv perut bayi menjadi kembung, terlalu banyak gas pada perut bayi ini juga akan membuat bayi menjadi cegukan.

Bayi sedang sakit

Mungkin bayi sedang demam, pilek, diare atau terkena penyakit semisal ruam, gatal-gatal dan cacar. Segera obati atau bawa ke dokter. Bunda juga dapat melakukan beberapa tips untuk mengatasi ruam popok pada bayi sebelum membawa bayi bunda ke dokter.

Cara Mengatasi Bayi Rewel di Malam Hari


Bagaimana cara mengatasi bayi yang rewel? Berikut cara mudahnya:

Segera ganti popok

Jika popok bayi basah, kotor atau lembab hingga membuatnya tidak nyaman, maka segera ganti dengan yang kering dan nyaman. Kemudian beri pakaian yang longgar dan kering agar bayi merasa lapang dan nyaman.

Beri sentuhan dan pelukan hangat

Bayi akan merasa aman dan nyaman dengan sentuhan dan pelukan sayang orangtua. Tambahkan nyanyian atau tembang agar bayi kian merasa nyaman dalam pelukan bundanya sambil menepuk punggung bayi dengan lembut dan mengelus kepalanya.

Periksa posisi tidur bayi.

Mungkin ada bagian tubuh yang tertimpa seperti tangan, jari-jari atau bisa juga kadang testis (torsio, orkitis) yang terjepit akibat pakaian bayi sengat ketat.

Segera berikan ASI atau MAPASI

Beri ASI atau makanan lainnya yang sesui dengan kondisi bayi, mungkin bayi terbangun disebabkan ras alapar dan haus.

Gendong bayi

Bawa dan gendong sambil jalan-jalan keluar rumah, mungkin si kecil akan tenang dan berhenti rewel setelah berada di tempat yang lebih tenang dan lapang.

Periksa Ruam pada kulit bayi

Periksa ruam, gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya yang menganggu kenyamanan bayi. Beri obat dan oleskan obat yang sesuai. Kemudian tenangkan bayi hingga rasa sakit dan gatal-gatal kulit mereda dan bayi bisa tidur dengan nyaman.

Sediakan obat untuk pertolongan pertama

Sediakan obat-obatan cukup yang terlebih dahulu sudah dikonsultasikan dengan dokter ahli seperti obat ruam bayi, gatal-gatal, pilek, demam maupun diari. Jangan menunggu bayi sakit dan rewel, barulah di situ mencari obat untuk si kecil. Bisa dibayangkan bila kondisinya di tengah malam dan jauh dari pusat kesehatan.

Perhatikan keadaan bayi

Perhatikan hal-hal kecil yang ada di sekitar bayi seperti baju, posisi tidur, posisi digendong, kerah baju, bahan baju, topi bayi, sarung tangan bayi atau kasu kaki bayi. Mungkin salah satu di antaranya ukurannya kekecilan atau terbuat dari bahan yang tidak nyaman dipakai bayi.

Konsultasikan dengan tenaga kesehatan

Bila bayi mengalami gangguan perut seperti sembelit, kembung dan muntah, segera periksa ke dokter terdekat. Bila tidak, manfaatkan obat-obatan yang sudah tersedia seperti mengoleskan dan memijat bagian perut bayi dengan minyak telon agar hangat dan mengurangi kembung.
Sponsored Links:

Komentar

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://auliyaskincare.com/black-walet-facial-soap/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyakit Kulit pada Bayi dan Cara Mengobatinya

3 TANDA LAHIR DI KULIT BAYI YANG TIDAK BERBAHAYA

Muncul Bercak Merah setelah Demam pada Bayi? Jangan Panik, Bunda..